Belajar Menjadi Entrepreneur dari Walt Disney

Belajar Menjadi Entrepreneur dari Walt Disney

By M. Suyanto

Walt Elias Disney lahir pada 5 Desember 1901 di Chicago, Illinois. Dari Walt Disney, kita dapat belajar banyak untuk menjadi entrepreneur. Ia mulai mencintai menggambar dan mengatur mempekerjaan seninya pada saat berusia 7 tahun. Ia juga sangat tertarik pada fotografi. Sebagai remaja ia pergi kesekolah pada siang harinya dan pergi ke Akademi Seni pada malam harinya.

Ketika pecah perang dunia I, ia mencoba untuk bergabung dengan tentara, tetapi masih terlalu muda. Maka ia diletakkan di Palang Merah, karena usianya dan dikirim ke luar negeri dengan menaiki ambulan yang dihiasi dengan karakter kartun. Setelah selesai perang, Walt Elias Disney mengadu nasib ke Hollywood dengan bekal kemampuan menggambar dan uang $40. Ia memulai bisnis dengan saudara laki-lakinya membuat film animasi dan menjadi terkenal dengan cepat di Hollywood. Di 1920, Disney pindah ke Kansas City, ia bekerja sebagai animator UB Iwerks. Perusahaan tempat ia bekerja, yaitu Laugh O Gram Company bangkrut. Di 1923, ia meninggalkan Kansas City menuju Los Angeles untuk mencari pekerjaan di bisnis perfilman. Pada awalnya tidak sukses, kemudian ia tetap gigih tinggal di Los Angeles menyewa kamera, membangun stan animasi dan membuat studio di garasi pamannya. Ia memulai bisnis bersama kakaknya Roy. Film pertamanya Alice tidak membuat perusahaan bertambah maju, demikian juga film keduanya Oswald the Rabbit yang diluncurkan pad 1927. Kegagalan itu berubah menjadi kesuksesan setelah Tikus itu di buat dengan mendengarkan nasehat istrinya.

“Saya berharap tidak pernah mengabaikan bahwa semuanya ini berawal dari seekor tikus”, kata Walt Disney di tahun-tahun akhir hidupnya. Diceritakan suatu ketika di awal karirnya, Disney berteman dengan satu keluarga tikus di kantornya. Seringnya tikus-tikus itu muncul di atas papan gambarnya menghasilkan inspirasi. Sebuah cerita yang mengesankan. Kenyataannya tikus yang menjadi pertanyaan itu memulai kehidupannya sebagai Mortimer Mouse. Istri Walt Disney, Lilly tidak setuju dengan nama itu dan mengusulkan Micky sebagai gantinya. Walt mendengarnya. Apakah sekedar hanya untuk menyenangkan istrinya atau dalam hatinya Walt Disney juga mengakui bahwa Micky adalah nama yang ideal untuk meluncurkan sebuah kekaisaran bisnis, tidak ada yang tahu. Nama Micky merupakan nama yang lebih bersahabat dan lebih informal, yang mempunyai hubungan dengan orang biasa.

Pada1928, Mickey Mouse diciptakan dan dibuat pemunculan dalam dunia kartun untuk pertama kali menggunakan suara.. Pada 21 Desember,1937, animasi dengan musik istimewa yang pertama, Snow White and the Seven Dwarfs, diperkenalkan di Los Angeles. Itu dibuat dengan biaya di atas satu juta dolar, yang merupakan uang yang banyak. Selama lima tahun kemudian,Walt Disney memproduksi, animasi klasik seperti Pinocchio, Fantasia, Dumbo dan Bambi.


Comments are closed.