Strategi Perantara Transaksi

By M. Suyanto, STMIK AMIKOM Yogyakarta

Strategi Perantara Transaksi (Transaction Intermediary Strategy) adalah strategi penggunaan internet untuk proses pembelian. Strategi ini meliputi proses end-to-end dari pencarian, pembandingan, pemilihan dan permainan secara online. eBay dan Microsoft Expedia merupakan perusahaan yang menggunakan strategi ini. eBay dahulu hanyalah lelang di internet, tetapi sekarang berbagai produk dijual. Bahkan beberapa fasilitas ditambahkan, misalnya PayPal, yang memungkinkan individu atau perusahaan membayar secara online. Fasilitas Skype yang memungkinkan berkomunikasi suara dan video secara gratis antara pengguna yang menggunakan perangkat lunak Skype. Shopping.com sebagai fasilitas yang memungkinkan pengguna membandingkan harga dalam berbelanja. Rent.com merupakan fasilitas yang melayani sewa apartemen di Amerika Serikat dan melintas ke negara lain. Online Clasified dirancang untuk orang-orang saling bertemu, saling bertukar ide, saling berbisnis pada tingkat lokal.
Untuk menjalankan strategi ini eBay menggunakan sepuluh langkah meliputi (1) mengetahui hal penting yang kritis, (2) menetapkan tujuan strategis, (3) memahami daur hidup produk di internet, (4) mengerti kurva harga terhadap kecepatan lakunya produk, (5) menggunakan strategi persepsi kelangkaan, (6) menerapkan strategi kesempatan kedua, (7) mengoptimalkan hasil pencarian, (8) membangun merek, (9) mengeksplorasi saluran dan (10) menggunakan sebuah dashboard.
Langkah pertama, mengetahui hal kritis yang penting meliputi Gross merchandise sales (GMS), Average sales price (ASP), Conversion rate (CR) dan Margin. Gross merchandise sales GMS merupakan jumlah penjualan dalam periode waktu tertentu atau biasa dikenal dengan penjualan kotor atau pendapatan atau penghasilan. eBay menggunakan GMS untuk melaporkan ke Wall Street dan sebagian besar penjual di eBay telah mengadopsi cara yang sama secara konsisten. Jika seorang penjual menjual 1000 item dengan harga rata-rata $50 setiap bulan, maka GMS penjual tersebut 1000 x $50 = $50.000 setiap bulan. Beberapa penjual menyesuaikan GMS dengan memasukkan penawar yang tidak membayar atau non-paying bidders (NPBs) padahal memenangkan lelang yang dikenal dengan item yang tak dibayar atau unpaid items (UPI). eBay menghasilkan item tak dibayar jika pemenang penawar lelang tidak membayar transaksi dan penjual tidak memperoleh pendapatan. Average sales price (ASP) merupakan harga penjualan rata-rata yang diukur dari harga rata-rata penjualan produk pada periode waktu tertentu. Average sales price (ASP) dihitung dengan membagi dengan GMS pada waktu tertentu. Jika GMS penjual tersebut adalah $50.000 pada sebuah bulan dan 100 item terjual, maka ASP besarnya $50.000 : 100 = $500. Conversion rate (CR) merupakan daftar item untuk periode waktu tertentu (1,5,7 atau 10 hari). Pada akhir periode, suatu prosentase daftar ini akan menghasilkan daftar pembeli dan tidak menghasilkan apa-apa. Hasil prosentase dari pembeli tersebut dinamakan Conversion rate (CR). Margin atau profit atau keuntungan merupakan jumlah yang dihasilkan secara tunai pada periode waktu tertentu dengan telah memperhitungkan biaya. Dengan mengukur dan memonitor tren dalam empat hal yang penting tersebut, kita akan dapat merasakan perjalanan bisnis dan dampak keputusan strategis terhadap bisnis, apakah akan menghasilkan dampak positif atau negatif.

Leave a Reply