Belajar Menjadi Entrepreneur dari Ruth Handler

By M. Suyanto, STMIK AMIKOM Yogyakarta

Kita dapat belajar menjadi entrepreneur dari seorang wanita yang bernama Ruth Handler. Ruth Handler memulai bisnis berawal dari mainan anaknya, yang berupa boneka dari kertas. Ketika boneka itu jatuh dan sobek, anaknya menangis. Kemudian Ny- Handler berfikir membuat boneka yang lebih permanen dan realistik yang akhirnya boneka itu dibuat dari plastik.

Boneka ini merupakan mainan anak-anak yang tersukses di dunia. Barbie diambilkan dari nama anak perempuan dari Ruth Handler, yaitu Barbara Millicent Roberts. Ny. Handler merupakan istri dari salah seorang pendiri Mattel.

Dalam manajemen modern, boneka Barbie yang dapat betahan lama ini merupakan hal yang aneh. Menurut Ian Ritchie dari konsultan Grup Oxford yang telah bekerja dengan perusahaan mainan anak-anak Hasbro, menemukan pelajaran kunci dari bisnis mainan anak-anak. Meletakkan mainan anak-anak ke pasaran secepat mungkin merupakan hal yang sangat penting. Waktu yang diperlukan dari sebuah ide sampai terpampang di rak-rak toko mainan anak-anak dapat menjadi suatu perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan. Dalam dunia pemasaran boneka pemilihan waktu harus benar-benar tepat. Untuk meraih kesuksesan boneka harus mengikuti trend film, buku, cerita, atau serial televisi terbaru.

Barbie merupakan produk yang universal dan biasanya terstandarisasi. Tersedia pula sejumlah kostum yang beraneka ragam. Lebih dari 100 kostum baru ditambahkan setiap tahun. Hal ini dikeranakan, Barbie merupakan wanita Renaisansi, wanita karir yang sukses, anggota band beraliran rock dan pemain sepakbola piala dunia untuk wanita.

Kesuksesan berikutnya adalah ketika memutuskan teman pria dari Barbie, yaitu Ken. Penciptaan Ken ini sesungguhnya tidak sengaja, tetapi justru menghasilkan perluasan merek yang luar biasa. Ken diperkenalkan pada tahun 1961, yang bersembunyi di belakang, kemungkinan dia senang melihat Barbie meraih kesuksesan dalam berbagai segi kehidupannya. Pengenalan Ken telah meletakkan dasar bagi seluruh rangkaian perluasan yang mempertahankan merek Barbie tetap menjadi pusat perhatian.

Teman Barbie berikutnya adalah Midge yang dimunculkan 1963, kemudian adik peremp uan Barbie, yaitu Skipper pada tahun 1964, disusul tahun 1968, Christie, seorang teman berkulit hitam. Tahun 1988, Barbie mempunyai teman kepercayaan, Teresa dan merupakan teman Hispanik. Teman berikutnya adalah Kira, sebagai teman Asia yang diluncurkan tahun 1992. Adik perempuan Barbie terkecil adalah Kelly dan Becky, yang duduk di kursi roda yang diperkenalkan 1997. Sekarang Barbie mempunya 15000 kombinasi dengan mengganti bajunya, matanya, warnanya, tetapi tidak untuk mengganti kakinya.


Leave a Reply