Strategi Membangun Merek (2)

By M. Suyanto

Strategi pemasaran sesungguhnya strategi membangun merek di benak konsumen. Jika kita mempunyai kemampuan untuk membangun merek, artinya kita mempunyai program pemasaran yang tangguh. Strategi lain untuk membangun merek adalah dengan memberdayakan merek lini produk. Merek lini produk merupakan strategi meletakkan nama merek pada sebuah lini produk yang berhubungan. Merek lini produk berfokus dan memberikan keunggulan biaya dengan mempromosikan lini produk daripada masing-masing produk. Strategi ini efektif jika perusahaan mempunyai satu atau lebih lini produk yang masing-masing mengandung sebuah hubungan antara item-item produk tersebut. Satu keunggulan merek lini produk adalah penambahan item-item produk dapat dikenalkan dengan memberdayakan nama merek yang telah dibangun.
Strategi yang digunakan perusahaan besar untuk membangun merek, biasanya dengan menggunakan merek perusahaan. Merek perusahaan merupakan strategi membangun identitas merek menggunakan nama perusahaan untuk mengidentifikasi produk yang dihasilkan. Toyota, Panasonic, Polytron, Sony, IBM, Intel, Nokia, Sharp, Sanyo, Toshiba, Yamaha, Honda dan McDonald’s menggunakan merek perusahaan (corporate brand) untuk mengiklankan produknya. Iklan Honda baik Mega Pro 1600 maupun Karisma tetap menonjolkan merek Honda sebagai merek perusahaan.
Kesuksesan Kijang dan Avanza sebagai Top Brand Indonesia, salah satunya karena karena menggunakan merek perusahaan Toyota. Toyota dalam membangun merek tidak hanya merupakan perusahaan yang menjualmobil, tetapi perusahaan yang menawarkan Total Ownership Experience, mulai dari pelanggan menghubungi diler sampai pelayanan purna jual yang optimal. Toyota Kijang dengan citra bahwa kendaraan yang awet dan mudah dirawat serta harga purnajualnya relatif tinggi dibandingkan dengan merek pesaing menjadikan merek tersebut kuat di benak konsumen. Toyota Avanza, dengan menggunakan merek perusahaan Toyota yang telah dipercaya seluruh dunia yang memiliki produk unggul, pelayanan memuaskan penjualan kembali yang tinggi membuat mereknya menjadi Top Brand Indonesia. Panasonic dengan AC dan mesin cuci juga menjadi Top Brand Indonesia, keduanya menggunakan merek perusahaan. Polytron dengan audionya, yang memberikan citra produk elektronik relatif murah, tetapi berkualitas di Indonesia. Demikian pula Sharp dan Toshiba dengan pesawat televisi dan lemari esnya, kesemuanya menggunakan strategi merek perusahaan untuk meraih keunggulan.

Leave a Reply