Menjadi Entrepreneur di Media Internet

By M. Suyanto

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang terhubung secara global, memungkinkan penggunanya saling bertukar informasi melalui berbagai saluran.  Dengan demikian memungkinkan penggunanya saling berbisnis. Seluruh entrepreneur terkaya dunia memanfaatkan pasar yang disebut Internet tersebut. Ada sejumlah alasan mengapa perusahaan-perusahaan mereka membidik pasar Internet. Pertama-tama, para penonton televisi mulai berpindah ke Internet. Karena mereka pindah maka media iklan harus mengikutinya, dengan asumsi bahwa tujuan pemasar mana pun adalah untuk menjangkau target audiens-nya secara efektif dan efisien. Para pemasar mengakui bahwa mereka harus melakukan penyesuaian perencanaan pemasarannya untuk mengejar terus meningkatnya jumlah orang yang menghabiskan waktu di depan media online, seringkali dengan meninggalkan media yang lain.

Kedua, untuk membidik pasar internet menggunakan iklan yang dapat di-update setiap waktu dengan biaya minimal: karena itu iklan-iklan di internet selalu bisa tampil baru. Ketiga, pasar internet dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam hitungan global. Keempat, biaya untuk iklan online kadang-kadang lebih murah dibandingkan iklan televisi, koran, atau radio. Media beriklan yang disebutkan belakangan itu menjadi lebih mahal karena ditentukan oleh ruang yang akan dipakai, berapa hari (waktunya) iklan tersebut akan dimuat, serta pada berapa stasiun televisi dan koran lokal atau nasional iklan tersebut akan dipasang. Kelima, iklan di internet dapat secara efisien menggunakan konvergensi teks, audio, grafik, dan animasi. Keenam, Internet sendiri sedang berkembang dengan pesatnya. Ketujuh, Anda dapat membuat iklan secara interaktif dan dibidikkan ke kelompok-kelompok tertentu dan/atau perorangan.

Riset yang dilakukan pada musim gugur tahun 1996 menemukan bahwa tiga perempat dari pemakai komputer pribadi (PC) akan meninggalkan televisi dan melewatkan waktunya di depan komputer mereka. Perpindahan dari televisi yang jumlahnya sebesar itu nampak sangat mengesankan. Sebagai tambahan atas fakta ini ialah bahwa pemakai Internet merupakan orang-orang terdidik dan memiliki penghasilan yang sangat tinggi, sehingga manjadi logis kalau disimpulkan bahwa penjelajah Internet merupakan target yang sudah diimpikan oleh para pemasar.

Mulai tahun 1998, karakteristik ini telah meyakinkan perusahaan besar yang memproduksi segala kebutuhan konsumen untuk mulai menggeser anggaran periklanannya dari media tradisional ke iklan Internet. Yang dilakukan Toyota merupakan contoh nyata dari begitu ampuhnya Internet. Saatchi and Saatchi, sebuah agen periklanan ternama, mengembangkan situs Web untuk Toyota (www.toyota.com) dan menempatkan iklan banner yang sangat menarik di situs-situs populer, seperti www.espn.com . Dalam waktu satu tahun, situs tersebut mampu menyamai penjualan yang dilakukan 800 sumber penjualan Toyota lainnya.


Leave a Reply