Browsed by
Category: Entrepeneur Arab Kuno

Belajar Menjadi Entrepreneur dari Kaum Lakhmi (3)

Belajar Menjadi Entrepreneur dari Kaum Lakhmi (3)

By M. Suyanto Keterkaitan bangsa ini dengan bangsa Romawi memungkinkan masuknya berbagai pengaruh kebudayaan Romawi ke Hirah, termasuk agama Kristen yang kemudian dianut oleh anggota keluarga kerajaan ini. Hind, ibu ’Amr, adalah seorang permaisuri Kristen kerajaan Gassan; yang lainnya mengatakan permaisuri kerajaan Kindah. Di ibu kota kerajaannya, ia membangun sebuah biara khusus wanita yang bertahan hingga abad kedua Islam. Yaqut mewariskan kepada kita sebuah catatan berisi pengakuan Hind.

Belajar Menjadi Entrepreneur dari Kaum Lakhmi (2)

Belajar Menjadi Entrepreneur dari Kaum Lakhmi (2)

By M. Suyanto Pembangunan al-Sadir, sebuah puri yang dalam pusisi dihubungkan dengan al-Khawarnaq dan terletak ”di tengah-tengah gurun antara Hirah dan Suriah”, juga dinisbatkan kepada al-Nu’man. Puri al-Sadir dan bangunan-bangunan hirah lainnya di Lakhmi kini hanya tinggal nama. Tidak ada lagi yang bisa dikenali kecuali al-Khawarnaq.

Belajar Menjadi Entrepreneur dari Kaum Lakhmi (1)

Belajar Menjadi Entrepreneur dari Kaum Lakhmi (1)

By M. Suyanto Kaum Lakhmi mewarisi kemampuan menjadi entrepreneur dan seniman dari Kaum Nabasia. Kaum Lakhmi merupakan kaum yang tinggal di Iraq Selatan. Sebuah riwayat menyebutkan Malik ibn Fahm al-Adzi sebagai pemimpin pertama pemukiman Arab di Irak ini, dan menjadikan anak laki-lakinya, Jadhimah al-Abrasi, sebagai wakil dari Ardasyir.